Kamis, 04 Maret 2010

Cara Main Game PSX di PSP

Cara memainkan game PSone cukup simple, cukup dengan memanfaatkan dua program yang menurut saya mumpuni buat syarat memainkan game PSone. Dua program tersebut adalah ISOproducer dan IceTea (es teh..?? nama yang aneh >.<).

Diantara banyaknya program-program sejenis, menurut saya dua program diatas termasuk yang cukup mudah dipakai. ISOproducer digunakan untuk membuat ISO dari CD game PSone (bagi yang masih punya ^^) sedang IceTea dipergunakan untuk mengubah format iso dari game PSone menjadi format .PBP yang bisa dibaca PSP. Berikut tutorial untuk membuat file .PBP dari game PSone kamu:

1. Bikin ISO dari CD game PSone
Masukkan CD game ke CD drive trus jalankan program ISOproducer.
Kalo baru pertama di jalankan, configure dulu ISOproducernya.
Untuk Jelasnya seperti gambar dibawah ini.


Sesudah di configure, CD akan otomatis di detect, tinggal klik make iso, tentukan folder simpannya & tunggu sampai proses slesai.

2. Bikin File EBOOT.PBP dari ISO game PSone
Setelah bikin ISO kelar, sekarang saatnya merubah ISO tersebut menjadi format EBOOT.PBP. Jalankan program IceTea.
Jelasnya seperti gambar dibawah.


pada bag. PSX image, pilih file ISO yang tadi dibuat, lalu set slider pada compression ke best compression. Game ID dan Game title akan muncul sendiri jika kita sudah memasukkan file ISO tadi. Kemudian set output directory untuk menyimpan hasil konvertnya, sebaiknya buat 1 folder dengan nama game PSX nya lalu save hasil konvert berupa EBOOT.PBP ke folder tersebut. Tab Expert adalah properties dimana kita bisa mengeset background image dan thumbnail image yang akan muncul di layar psp jika kita menyorot icon gamenya di psp, termasuk juga backsoundnya, tapi harap diingat, gambarnya harus format PNG.
Kalo sudah semua tinggal tekan “Let’s Go”.

3. Memainkan Game PSX di PSP
setelah selesai konvert dari ISO ke EBOOT.PBP, masukkan folder game EBOOT.PBP tersebut ke Memory Stick PSP, taruh di folder PSP > Game. Game tersebut siap dimainkan. Jalankan PSPmu dan carilah Icon game tersebut (sama saja seperti memainkan game PSP biasa), jika dalam proses konvert background image dan icon game tidak diset, maka icon game tersebut berwarna putih.

Game PSX sudah bisa dimainkan di PSP. Jika tidak punya CD game PSX yang ingin dimainkan, file ISO dari game yang ingin dimainkan banyak beredar di internet, terutama di site emulator. Tinggal dikonvert saja langsung tanpa harus membuat ISO lagi. Semoga tutorial singkat ini dapat membantu bagi yang ingin bernostalgia memainkan game PSX lama favoritnya.

untuk dua program di atas dapat di download di:
ISOproducer
IceTea

4 komentar:

CKblog mengatakan...

kock g bisa

symph mengatakan...

pas dimainin kan keluar P.O.P.S nah malah ga bisa dimainin? kenapa ya? butuh pencerahan nih thx

Persona4Lovers mengatakan...

emulator psp nya nama nya apa gan?

andi mengatakan...

ijin sedot gan

Posting Komentar

Search !!!